Friday 17 December 2010

ErebusSS.!!

Friday, 16.12.10
15.15 wib
.
AAaarrrgghhh!!! .. -_-"
.
.
       
         Kita mengenal Antartika sebagai benua es di Kutub Selatan bumi. Tapi tau nggak, kalo ternyata di Antartika ada gunung berapi aktif lengkap dengan kawah lava yang selalu berpijar? Itulah gunung EREBUS ! ^_^



Gunung Erebus terletak di Ross Island, Antartika. Gunung ini merupakan gunung berapi paling aktif di bumi bagian selatan.. Wooow !! gunung dengan tinggi 3.794 meter ini pertama kali ditemukan pada 27 Januari 1841 oleh Sir James Clark Ross. Ross juga lah yang ngasi nama ke gunung ini. Erebus. Yang diambil dari nama kapalnya .. hoho.. Potong  kambiiiiing :P
Gunung Erebus juga punya danau lava yang berumur panjang dengan suhu mencapai 926 derajat celcius !!! Gilooooo…! Gunung ini jenis Polygenetic Stratovolcano, gunung api yang tinggi dan mengerucut, tersusun dari lava dan abu vulkanik yang mengeras. Sebagian dasarnya berbentuk perisai, sedangkan puncaknya berbentuk Stratocone..
 Iyaw, kayak es kriiiiimmm … haa~ pengen es kriiiiiiiiimm.. !! (ga nyambung.. )  
Gunung Erebus juga tergolong gunung yang selalu aktif loooh .. beneran . gak bohong ..! (apaan coba?) gunung ini selalu mengeluarkan gas dan lava. Inilah yang menarik para ahli, sehingga mereka menjadikan gunung ini sebagai objek penilitian, dengan membentuk Mount Erebus Volcano Observatory, ataaooo.. “MEVO”. Hiyauu !!

Menara Es


Di salah satu bagian Gunung Erebus terdapat menara es. Menara es adalah sebuah patung es yang terbentuk di atas fumarol. Apa itu fumarol??? Itu looohh pisang yang di goreng trus di kasih sambeelll..???? hoho.. (nah lho kumat dah..).. Fumarol itu uap air tapi secara lengkapnya adalah lubang yang sering terdapat di sekitar gunung berapi, mengeluarkan uap dan gas seperti karbon dioksida, sulfur dioksida, asam hidroklorik, dan hydrogen sulfide. (kalo kalian tanya kenapa nama gas2 itu gak pake rumus kimianya aja? Jawabannya adalaaaahhh.. jengjeng.. : karena aku baik hati memudahkan kalian ngebacanyaa.. :D hoho.. (padahal mah kgak tau apa rumus kimia nyo.. -_-“ ) haa~ahh..                                                                                                                                                                             
Gas dan uap air yang keluar dari dalam tanah bertemu dengan udara yang sangat dingin di atas permukaan tanah. Uap air tersebut menjadi dingin dan beku, lalu terbentuklaah sebuah menara es!! Jreng!! Semakin lama menara es itu juga jadi tambah besar dan tinggi.. ketebalannya  pun dapat mencapai 6 meter !
..
to be continued.. 
..
..


1 comment:

Thanks for visiting mine :)
Enjoy!

love,
Nabila