Friday 27 July 2012

Traveling? Siapa takut! (part. 2)


Saturday, 28.07.2012

Morning! J

Hola! Wuiih, lama nian ga posting ya. Maaf karena jarak yang terlalu lama dengan postingan Traveling? Siapa takut! (part. 1). Jujur, niat untuk bikin postingan itu selalu ada. Setiap hari malah! Tapi, yah itu tadi.. Cuma niat sih, hehe. Tapi gapapa, niat baik juga udah dapet pahala kok! *okesip*

Well, ngomongin Museum sebenernya itu memang sebuah destinasi yang ga begitu menarik kedengarannya. Tapi coba kalau kita ubah persepsi dengan memikirkan bahwa di dalam Museum itu ada banyak hal- hal atau benda-benda yang berasal dari ZAMAN HONG! Zaman duluuu banget, zaman ketika sejarah baru akan dimulai, zaman ketika buku cetak sejarah anak-anak SD itu masih kosong blas. Lah kok bisa? Ya kan sejarahnya baru mau dibuat, hehe. Misalnya aja nih, prasasti yang ada di Museum taman prasasti, atau uang-uang zaman dulu di Museum Bank Indonesia, atau bahkan cetakan tangan manusia gua zaman batu. IH WOW! So, siapa yang mau tau lebih lanjut? Lets Cekidot!

KOTA T(OE)UA 

Usai mengelilingi Museum Bank Mandiri, aku dan Hilda langsung cao ke Museum Bank Indonesia yang ada di sebelahnya. Wuhuu~ ternyata Museum Bank Indonesia sedikit banyak keadaannya lebih baik daripada Museum Bank Mandiri di sebelahnya. Didominasi dengan cat putih dan arsitektur gaya Belanda, ruangannya ber-AC, pintunya pun otomatis, hoho.  

Museum tampak luar dan lorong dalam Museum


Pengesahan pendirian museum pada 15 Desember 2006 tersebut ternyata dilakukan langsung oleh bapak presiden kita loh, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono .



Bagian dalam museum telah terstruktur dengan apik. Dibuat seperti lorong yang berputar mengelilingi bagian dalam bangunan tersebut. Ruangan pertama yang dituju setelah masuk adalah ruang teater dengan kapasitas 100 orang. Ah, tapi sayang sekali pengunjung tidak boleh mencoba duduk di kursi ruang teater tersebut.

Suasana dalam museum dibuat remang-remang, jadi foto-foto jepretanku hasilnya ga begitu bagus deh. *aslinya ga boleh foto-foto* *bandel*
Setelah ruang teater, selanjutnya pengunjung disuguhi banyak replika berbagai kegiatan pra dan pasca kemerdekaan Indonesia, tulisan mengenai sejarah bangsa, serta sejarah awal mengenai Bank Indonesia sendiri. 
Koin-koin yang digunakan berlayar zaman dahulu dan peralatan berlayar zaman lalu

Semakin menjelajah ke bagian dalam museum, terdapat baju-baju yang biasa dipakai pejuang Indonesia sebelum kemerdekaan, serta baju tentara Belanda dan tentara Jepang. Tatanannya terstruktur, pajangan baju-baju tersebut diletakkan dibawah kaki pengunjung, di lantai. 


Bagian atas (kiri ke kanan) : Belanda dan Jepang, bagian bawah: Indonesia 

Bagian selanjutnya adalah ruang penyimpanan uang atau alat pembayaran dari berbagai masa dan berbagai negara. di tiap tiap meja pamer terdapat satu buah kaca pembesar agar pengunjung dapat melihat lebih jelas kapan dan untuk apa kegunaan pembuatan uang tersebut. Bukannya uang untuk alat tukar? Iya, tapi ternyata ada juga jenis uang koin tertentu yang hanya diperuntukkan sebagai alat pembayaran di areal perkebunan loh!



Serba- serbi uang, uang kertas dengan pembesaran menggunakan kaca pembesar, dan uang perkebunan yang digunakan di Cimahi - Jawa Barat


Aku dan uang, haha!

Disalah satu bagian museum juga terdapat ruangan yang berisi replika emas batangan! Waktu lihat ada yang cahaya kuning mencolok keluar dari ruangan tersebut, aku dan Hilda sontak langsung masuk ke dalamnya. Dan setelah masuk ke dalam kami berdua ternganga melihat tumpukan emas.. *sayang cuma replika.. -___- *

EMAS! *tapi boong*

Yep, terakhir, di dekat pintu keluar ada photobooth yang dapat digunakan oleh pengunjung dan lagi lagi bentuknya UANG! fufufuuu~




Hup! Sekian postingan kali ini, entah kenapa jadi banyak banget fotonya, haha *narsis*
Sampai jumpa! :D



love, 


22 comments:

  1. wihihi.. bagus juga ya
    sayang belom pernah kesane

    ReplyDelete
  2. Yang bentuk uang ada gambar seseorang ok juga buat narsis. Narsis itu bagus juga, dan tetaplah narsis sebelum narsis itu dilarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, cantik kaan? hahaha. Narsis itu bagian dari kesempurnaan hidup *eh*
      wuhuu, betul sekali itu! :D

      Delete
  3. yaelah... museum bank Indonesia disamain sama Bank Mandiri. Ya beda jauh lah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, iya sih, tapi jadi ketahuan mana saja museum yang perlu perbaikan, apalagi kalau pernah ke Museum Fatahillah, wah itu lebih parah lagi.. -___-

      Delete
  4. waah kebetulan museum2 itu deket sama rumah gia.. Jadi gia sering banget kesana hehee \^0^/

    btw, blog nya keren deeehh, sudah aku follow =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah asyik dong Gia, kapan kapan kita ketemu yaa :3 hehe

      thank you cutie ^^, maaf ya aku belum bisa follow balik blogmu soalnya ada masalah sama GFC ku, huhuhuu :'(
      doakan cepat sembuh yaa

      Delete
  5. hmmm .. bosen ah kesana, hahahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. #fuffuuufuuu asik dong kalo gitu, aku baru pertama kali nih hehe :D

      Delete
  6. Waaa.... pengen banget uang-koin nya!!!! saya punya beberapa koleksi uang koin penginggalan dari eyang buyut, tapi tinggal sedikit..

    ReplyDelete
  7. waah sama tiap hari juga pengennya posting, apalah daya jaringannya jelek banget kalo d laptop. ini aja pake hape haha kok jadi curhat gini..

    waah pengen banget ke museum BI..
    jadi inget lagunya Cindy Cenora
    "Aku cinta Rupiah.. biar dollar dimana mana, aku cinta rupiah.. karena ku anak Indonesiaa" hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget itu Youko, huhuhuuu :'(

      waaah kalo Cindy Cenora aku ingatnya lagu "Sungguh ndah di pulau bali, pulau dewata menawan hati..." hahaha xD

      Delete
  8. kalau saya sih takut traveling jauh-jauh :D
    have a nice day aja deh ^^

    ReplyDelete
  9. pejuang bangsa indonesia dulu kaya baju drum band yaah ...
    jangan2 kaptennya pakenya kaya mayoret .. hehehe

    lama juga post bagian II nya .. haha

    ReplyDelete
  10. ii keren kak XD belom pernah juga nih._.

    ReplyDelete
  11. udahh lamaa gak k musium :3
    envy pengen disana, foto2 .. #eh.
    -salam kenal :)

    ReplyDelete
  12. tempatnyaa bagusss sepertinya buat foto2..pengeeen u,u

    ReplyDelete

Thanks for visiting mine :)
Enjoy!

love,
Nabila