Monday, 10 December 2012

Let's go to the PANTAI !


Monday, 10.12.2012
16:30 wib



Hola fellas! How’s life? J

Menanggapi tantangan saran dari seorang *ehem* teman lama untuk membuat postingan tentang PANTAI. So, here i go. Saya tertantang tertarik untuk membuatnya.  Saat hujan turun, postingan ini dibuat.

Pernah suatu ketika saya kaget saat seorang teman bilang kalau dia belum pernah main ke pantai. OMG! Saya tebak mungkin rumahnya di puncak gunung atau dataran tinggi yang begitu jauh dari pantai. Lain halnya dengan saya yang tinggal di daerah pesisir, dengan teluk dan pantai yang mengitari. 
Pesisir Selatan Provinsi Lampung.

Suatu hari nanti saya berniat membawa kabur teman saya tadi untuk melihat pantai. Oh well, sayang sekali kan kalau diusia mu sekarang belum pernah sama sekali mencium bau laut? :’)

Dulu, setiap kali libur panjang sekolah, papa selalu membawa kami sekeluarga ke Pantai. Kenapa hampir selalu pantai? Karena destinasi pariwisata terdekat, termurah, dan menyenangkan adalah kesana. Laut dan segala keindahannya.  Saat perpisahan kelas pun saya lagi lagi pergi ke pantai.
Bosan? Sama sekali nggak! J

Terakhir kali sekitar 1,5 bulan yang lalu. Pertengahan Oktober tepatnya, saya yang mengambil studi S1 di jurusan Biologi akhirnya dapat jatah jalan-jalan praktikum ke pulau. Pulau Pari di Kepulauan Seribu. Satu angkatan yang hampir terdiri dari 100 orang pergi jalan-jalan meneliti! Yiiihhaaa!!

It was AWESOME!

Pulau Pari cantik sekali. Di sana telah didirikan pusat konservasi dan penelitian Oseanografi oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Melihat kata-kata ‘Oseanografi’ mengingatkan saya pada pelatihan ilmu bumi yang pernah saya pelajari. Hehe.



Anyway, saya berenang sampai kedalaman laut yang warna biru tua loh, bagian itu disebut 'Tubir' atau jurang pantai :3

Tahu kenapa namanya pulau Pari? Well, yah karena bentuknya seperti pari? Anyway, pari itu bukan ikan loh, dia itu golongan mamalia, haha! < ini hapalan buat UAS minggu depan.


Berbeda dari pulau Pramuka yang lebih terkenal, lebih sering dikunjungi wisatawan, dan jelas lebih kotor. Pulau Pari jauh lebih bersih dan terpelihari. Meski dibeberapa tempat tetap saja ada sampah yang mengambang..


Ini dia salah satu alasan saya pilih jurusan Biologi! Jalan-jalan dan jalan jalan. Yep, meski sebenarnya sih untuk penelitian, but why not? Menganggap itu waktu untuk main main jauh lebih menyenangkan, hehe :3

Di sana, untuk pertama kalinya saya mencoba Snorkeling! It was really AMAZING, WONDERFUL, and BEAUTIFUL!


Pernah lihat acara tv si bolang? Atau acara jalan jalan yang sering disiarkan, tentang pemandangan bawah laut yang WOW? Seperti itulah yang saya lihat. Saya baru tahu kalau kemampuan berenang saya yang biasa-biasa saja akhirnya bisa berguna :’)

Beda dengan sekedar snorkeling biasa, sambil berenang seharian melihat cantiknya dasar laut, saya senang bisa tahu nama-nama organisme yang saya temui. Bahkan mempelajari bagaimana perilakunya. Itu menyenangkan loh :3


Windi dan asteroidea

Ada asteroidea, yang kalau kita balik tubuhnya beberapa saat kemudian dia bisa berbalik kembali ke keadaan asalnya. Atau Holothuroidea yang kalau kita pencet pencet terus (digangguin) akan mengeluarkan lendir yang lengket banget. Dan dengan beruntungnya, sarung tangan saya pun terkena lendirnya, hahaha XD.
Ada juga bantal raja yang sangat rapuh tubuhnya, jadi kalau terlalu semangat menyentuh tubuhnya bisa putus :’) dan banyaaaaak lagi. Sayang saya lupa menyiapkan cover kamera anti air. Jadi sama sekali tak ada foto bawah air yang terekam oleh saya sendiri. Hiks :'(



Mau coba jalan jalan sendiri ke Pulau Pari? Ternyata ketika saya tanya-tanya tentang berapa kira-kira dana yang diperlukan seandainya saya berniat berlibur ke sini terbilang murah loh :3 
Dari Muara Angke, Jakarta, kita tinggal menyewa naik perahu motor sekitar 45 ribu. Lalu biaya menginap disana berkisar 100-200 ribu perhari di rumah rumah penduduk. Itupun sudah termasuk makan 3 kali sehari.  Lumayan kan? 



Indonesia yang merupakan negara kepulauan terbesar dengan lebih dari 13.000 buah pulau dari Sabang sampai Merauke sudah pasti punya banyaaaaaaaak sekali wilayah yang berbatas laut, pantai. Suatu saat nanti, destinasi saya selanjutnya semoga bisa menghirup angin laut Raja Ampat dan Bunaken. Someday, i’ll be there J

54 comments:

  1. Aihh,,Cantik banget tu terumbu karangnya.
    Jernih banget airnya...
    JAdi pengen kesana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo Chopya, kapan kapan cobalah main kesana :)

      Delete
  2. Wah, menikmati suasana diakhir pekan dengan mengunjungi pantai mungkin akan lebih nikmat
    he he he

    ReplyDelete
  3. salam kenal..., folbek ya thx... *smile

    ReplyDelete
  4. yang paling cantik adalah pulau kalimantan,karena jarang yg tahu hal tsb sehingga kecantikan'a alam'a tetap terjaga

    ReplyDelete
  5. BEruntung kita Indonesia banyak pantai, trus sampahnya tuh bersihkan, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sampah dimana mana, harus dimulai dari diri sendiri nih >.<)9

      Delete
    2. Haha,, iya betul... pungut sampah :D

      Delete
  6. gue nggak pernah mbak kepantai, diajak boleh kali, ,,whahahaah #modus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciyus? wah harus diseret ke pantai nih, haha

      Delete
  7. jauh banget di lampung yaa ?? aku di jawa barat . disini ada pantai sawarna, anyer, dlll . gak kalah indahnya kok sm di lampung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu di pulau pari kok, hehe
      wah semoga aku bisa dapat kesempatan main kesana ya :')

      Delete
  8. Jangan lupa ke Gili di Lombok Mbak..
    Kece banget pantainya :)))
    *promo*

    Saya juga suka banget ke pantai :3
    Main kano, snorkling, main air, aaaaa suka <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaa mau bangeet ke Lombok X'D

      waa sama dong kita :3

      Delete
  9. ayo main ke sanaa tapi jauhnyaaaa

    ReplyDelete
  10. Aaa pengen juga nyelem ngeliat keadaan bawah laut tapi apa daya gak bisa renang :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga harus bisa renang kok, kan ada pelampung :)

      Delete
  11. indah banget ya terumbu karangnya

    ReplyDelete
  12. waahhh,, seru2,, psti mnyenangkan,, jd tambah smangat mo liburan ke Wakatobi,, diviiingggg,, hehe

    ReplyDelete
  13. suka pantai?
    datanglah ke lombok.. :D

    ReplyDelete
  14. asyik tuh,, cuman pasti enggak asyik buat dompet gua

    ReplyDelete
  15. Gue juga anak pesisiran. Tapi jarang main ke pantai -___-
    Dan oke, memilih masuk ke dunia biologi biar bisa jalan-jalan? wkwkwkw
    btw, Indah banget terumbu karangnya.

    ReplyDelete
  16. itu di sumatera ya? di jogja juga banyak lho pantai2 bagus.. sayangnya gak ada terumbu karangnya sih :D

    ReplyDelete
  17. Pantai di indonesia emang eksotik, terumbu karangny indah tuh. Keren sob postinganny, Cheers

    ReplyDelete
  18. emang mirip pari sih bentuk pulaunya, makanya namanya pulau pari.

    Indonesia memang ga ada habisnya kalo bicara pariwisata :D

    ReplyDelete
  19. aaa enak praktikum sambil jalan2 wkwk
    dibali jg banyak pantai ~ hihi
    tp gue blm pernah ngerasain snorkling dgn pemandangan terumbu karang-_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, kapan kapan ayo ke sini bang Oges :3

      Delete
  20. jadi inget waktu tinggal di Bandung jauh dari pantai, yg ada hanya gunung menjulang tinggi .
    tapi setelah di Banten, pantai berserakan dimana-mana *plakkk

    ReplyDelete
  21. Pantai ya ? saya bosen . di bali sudah sering kepantai (-_-)v

    ReplyDelete
  22. huaaaahhhhhhhh............... envyyyyyyyy.................

    ReplyDelete
  23. langsung pengen lari ke tepi pantai.. Udah lama ga kelaut T^T

    ReplyDelete
  24. terumbu karangnya bagus banget.

    ReplyDelete

Thanks for visiting mine :)
Enjoy!

love,
Nabila