Friday, 14 December 2012

Ini untuk Mama


Friday, 14/12/2012
19:10 wib
Rain


Postingan ini didedikasikan untuk Mama, untuk papa, untuk adik-adikku, dan untuk teman-teman di komunitas blogger ter-gawl sejagad raya,  ‘Blogger Energy’ :)


Hei, ini bukan surat cinta. Cuma sederet kata untuk mama.

Berapa tahun ya?

18, hampir 19. Sebentar, kucoba reka ulang masa lalu..

Hampir 9 bulan dikandungan, hampir 2 tahun menyusu tak tahu malu, dan bertahun tahun merengek tak tanggung tanggung. Minta ini, minta itu. Aku pasti sangat merepotkan ya, mama.

Mama, aku mau minum susu..

Mama, aku mau sekolah, aku udah besar sekarang..

Mama, aku mau minta dibeliin tas baru, sepatu yang ada rodanya, terus aku mau boneka beruang..

Mama, aku mau handphone..

Mama, aku pengen punya laptop..

Mama, aku mau jalan-jalan ke mall, boleh minta uang?

Mama, boleh aku punya pacar?

Mama, aku mau kuliah di tempat yang jauh dari rumah..

Mama..

....


Aku ingat mama pernah marah saat aku tak mau mengerjakan PR matematika. Kelas 3 SD. Aku bilang aku bisa, tapi lalu nilaiku merah. Mama marah. Aku menangis. Aku tidur sambil terus menangis. Mama datang mengelus kepalaku. Membacakan ayat kursi hingga aku tertidur. Nyenyak.

Aku ingat saat mama tak percaya aku dapat peringkat 1 di sekolah. Hingga saat tiba di kelas untuk mengambil rapor, aku malah menangis. Mama memelukku. Mama bilang maaf, mama bilang mama sayang padaku. Aku diam. Tersenyum sambil terus memeluk mama.

Aku pernah jadi anak nakal. Main kejar kejaran. Hingga terbentur dinding. Lalu apa? Darah segar mengalir dari pelipisku. “Mamaaaaaaaaa.. “. Aku tahu mama panik, lalu makin kencang menangis, meraung raung. Mama menggendongku, meletakkanku di tempat tidur, mengelus rambutku, mencium keningku. Aku diam, mama membalut lukaku.

Beranjak remaja. Aku tak pernah meminta yang tak wajar, hingga mama tahu aku ingin sekali punya handphone. Telepon genggam yang canggih. Mama berjanji aku akan mendapatkannya. Nanti saat aku benar benar memerlukannya. Nanti ketika aku cukup besar, bukan hanya untuk sekedar main main. Mama tahu, aku hanya hanyut terbawa zaman.

SMA, mama tak pernah – bahkan selama ingatanku masih berfungsi – menyuruhku belajar sebelum ujian. Mama tahu, aku cukup tahu diri soal nilai. Mama percaya padaku, papa juga. Aku berikan yang ku bisa. Medali, piala, hingga amplop beasiswa. Mama tersenyum. Mama bilang mama bangga. Oh Tuhanku, saat itu juga aku ingin menangis. Merengkuh bahunya, meraung di pangkuannya. Ibuku..

Aku hampir dewasa, namun masih dalam gelombang. “Hayo, mba dani jangan pacaran dulu ya.. “ mama telah siap ber-wejangan.

Tapi mama, aku remaja yang tergoyah zaman. Diam diam punya pacar, haha. “Jangan dulu lah sayang, nanti ada waktunya.. nanti kalo sakit hati..” Mama tersenyum, aku terenyuh. Mama, iya aku patah hati.

17 tahun. Ma, aku pergi belajar di pulau seberang. Pulang 6 bulan sekali. Mama tahu aku rindu?

“Mba, jangan lupa lho shalatnya dijaga..”

“Hayo, inget jangan pacaran dulu lho ya, belajar yang bener dulu..”

“Jangan terlalu dipaksa belajar, kalo udah ngantuk ya tidur dulu aja..”

“Udah makan belum anak mama?..”

“Gimana kuliahnya?..”

“Kok ga pernah nelpon mama nih? Hayo..”

“Mba dani kapan liburnya? Mama kangen nih sendiri aja di rumah..”

“Kegiatannya kok banyak banget toh, dikurangi aja sedikit, istirahat..”

“Jangan lupa minum madu ya nak..”

....

Ya Rabb,

Untuk Mamaku,

Boleh kuminta untuknya umur yang panjang berkah hingga waktu melihat anak-anaknya tumbuh sehat, shaleh shalehah. Kesehatan yang berbalut rahmat. Maukan menjaganya hingga akhir rangka dunia? Menempatkan wanita cantik itu di tempat terindah di sisimu kelak, saat hari akhir telah dibalik. Mempertemukan kami kembali di awal waktu yang abadi?

Berikan aku waktu untuk lagi melihatnya terus melengkungkan senyum.

--O--


Selamat Hari Ibu, untuk semua ibu di seluruh dunia.

Aku Cinta Mama


Mama terbaik sejagad raya


Lagu kecil untuk Mama:

Kasih Ibu by Tararadamdamdum




dari anak mama,


60 comments:

  1. Kasih Mama sepanjang masa. Nice post :)

    ReplyDelete
  2. Ih tuhkaaan makanya Aku gak mau ninggalin nyokap sendirian buat nyari ilmu ke negri seberang.

    Huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi ilmu tetap harus dicari meski ke ujung dunia, untung mama mengizinkan :')

      Delete
    2. huhu iya tap nyokap gak ngijinin takut beliau kesepian katanya bil :'(

      Delete
  3. Uhuhu trhru gw bcaoya,
    Mama emg hebat, slalu mmbrikan yg trbaik untk kta. Smoga kta bsa mnjdi anak yg brbkti pd org tua dn bsa mmbuat mreka bhgia. Amiin

    ReplyDelete
  4. emang kaka kuliah dimandose?
    aaaa gue mau peluk mamah gue:(

    ReplyDelete
  5. Begitulah mama, selalu memberikan yang terbaik untuk anaknya.

    kadang takut ketika akan terjadi sesuatu sama anaknya. takut jatuh, terjerumus,tersesat, namun itu semua pertanda sayang :))

    ReplyDelete
  6. Pernah minta kuliah yg jauh dr rumah juga :( Tapi dilarang, dan saya ngambek :(
    Padahal maksud Ibu baik kan T.T
    Aaaa terharu baca tulisanmu, Nak! T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, kadang yang ga dibolehin sama ibu itu adalah salah satu wujud sayangnya kak :')

      Delete
  7. gua suka yang ini

    “Hayo, inget jangan pacaran dulu lho ya, belajar yang bener dulu..”

    hehehe hayo gak nakal hehe

    ReplyDelete
  8. ah mama ... :')
    mama itu kaya oksigen buat gue kak, tanpa beliau mungkin gue gak bisa hidup. aduh jadi pengen peluk mama nih ah :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaaaah gue juga pengen peluk, tapi mama di Lampung, udah peluk gue aja deh Dit *eh

      Delete
  9. jadi pingin pulang ke rumah dan bilang, "Ummi, ana uhibbuki fillah.."
    :'(

    dulu juga saya pingin kuliah jauh-jauh, pas ga boleh kesel..
    tapi sekarang kerja jauh dari ummi, rasanya kangen setengah mati.. T,T

    ReplyDelete
  10. Mom,.. The number one person in the world.
    The number one person in my life.
    One simple prayer but it must pray everytime "Robbighfirli waliwali daiya warhamhuma kama robbayani shoghiro" :')

    ReplyDelete
  11. nyokap orang yg paling ngelarang gwe buat pacaran dulu. kalo prestasi turun gara-gara pacar, gwe sering merhatiin nyokap, kyaknya dy kecewa banget, makanya mulai sekarang gwe nge jomblo terus, biar nykap senang terus heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu dulu, alasan lo kayaknya kok ada yang aneh..

      Delete
  12. Gue terenyuh bacanya.. :) hampir semua tulisan yang mengenai Ibu itu bikin gue keinget Ibu sendiri.
    Kalo boleh curhat, Ibu gue adalah pecinta kopi, termasuk gue. Gue sering debat masalah kopi. Memang sederhana, tapi itu bikin bahagia :)

    ReplyDelete
  13. Saya jadi tertarik ingin membuat postingan tentang ibu :)

    ReplyDelete
  14. gue jadi homesick baca postingan ini kangen juga :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. cup cup bang jangan nangis di cini yaa :'3

      Delete
  15. enak deh punya emak yang care kayak gitu :),

    ReplyDelete
  16. kamu hatus tanggung jawab tadi gua galau karena ini sabtu malam
    setelah baca postingan situ , sekarang galau gua jadi dobel
    " gua kangen nyokap "

    ReplyDelete
  17. Terenyuh kak :'( gue juga pernah nakal :"

    ReplyDelete
  18. kangen mama , pulangkerumah 3/4bulan sekali karna harus merantau kerja ke luar kota, gak sabar nunggu januari buat ketemu,tidur d temenin mama :)

    ReplyDelete
  19. Pasti habis nulis ini nabila pengen balik ke Lampung ^^

    kita sebagai anak yang pernah merantau di tempat orang, cuma harus berjuang untuk ibu kita ... buat mama mu bangga ^^

    ReplyDelete
  20. pernyataan-pernyataan yang berbentuk pertanyaan itu meskipun terlihat simple tapi ngena banget, beberapa dari pertanyaan itu gue juga pernah minta sama ibu, dna ibu juga pernah bertanya-tanya sama gue kayak gitu.

    selamat hari ibu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. huwaaa kita sama ya bang Bay :')
      Selamat Hari Ibu ..

      Delete
  21. tuh kan, kalo tentang ibu gua gak bisa banyak berkata2... a perfect one dah

    ReplyDelete
  22. Assalamualaikum dan salam sejahtera.. saya buat kunjungan dari group blogger energy. salam perkenalan. Jemput datang ke blog saya yang tak famous ini..^_^

    http://lokmanramli.blogspot.com/

    ReplyDelete
  23. bila bisa ya jauh2 dr mama -__-
    jujur gue gak bisa eh, ditinggal seminggu aja udah kebingungan :(
    wejangan2nya selalu yang terbaik untuk kita

    ReplyDelete
  24. Keep it up!
    :')

    Happy Mother's Day!

    ReplyDelete
  25. mama.. i love you..
    kita sama2 jauh tapi hati kita tetap utk mama :)

    ReplyDelete
  26. eh kok gw nangis sih ini bacanya :')

    ReplyDelete

Thanks for visiting mine :)
Enjoy!

love,
Nabila